Identitas Diri dan Enam kunci menuju sukses

Identitas diri akan menentukan siapa kita di masa datang. Bagaimana cara kita mengidentifikasi diri akan mempengaruhi konsep diri kita. Identifikasi di bentuk dari beberapa elemen pokok yang menentukan bagaimana kita di mata orang lain. Identitas diri terbentuk dari elemen-elemen penampilan ( performance ), relasi atau orang-orang di sekeliling kita ( relation), kepintaran ( smart ), dan  penyelesaian masalah ( decision making).

Enam kunci menjadi sukses

  • Diri sendiri, anda yang bertanggungjawab thd diri anda sendiri. Kegagalan dan keberhasilan hanya diri kita yang menentukan.
  • Presupposition, (logika berpikir), kita harus mempunyai logika berpikir yang positif. Logika akan menentukan arah yang anda tuju. Harus mulai mengenal konseksuensi logis dari setiap tindakan.
  • Tujuan. Apapun yang dilakukan harus memiliki tujuan yang jelas.
  • Rapport. Membangun hubungan mutualisme, dg orang lain, organisasi, masyarakat atau teknologi. Siapa diri anda adalah siapa yang sering anda temui dan siapa yang anda sering mengobrol dengan nya. Dan kita harus bergaul dengan orang-orang yang akan menjadi tujuan dari kesusksesan anda.
  • Awarenes ( peka), kita harus peka terhadap situasi yang terjadi. Setiap saat kita berubah, sesuai dengan perubahan kondisi dan situasi. Kepekaan utk merubah diri dengan situasi akan menentukan kesusksesan anda.
  • Flexibility, kita harus fleksibel untuk mendekati tujuan. Cara untuk mencapai tujuan harus fleksibel. Setiap perubahan sekecil apapun akan mendapatkan respon yang berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s