40 Blogger; Sumber Inspirasi Ku

Genap sudah 12 bulan tidak pernah mempublikasikan tulisan, hanya menjawab pertanyaan dari pengunjung Blog. Malam ini, saya mencoba merangkai kata kembali; terinspirasi oleh pertemuan dengan 40 Blogger hebat di kegiatan Workshop Blogger dalam rangka Perayaan TB Day 2015, yang dilaksanakan oleh SUBDIT TB, Kementrian Kesehatan RI bersama Puskomplik (Pusat komunikasi Publik) Kemkes dengan dukungan penuh dari KNCV TBC Foundation. KNCV adalah kantor tempatku bekerja saat ini.
Sejak pertama kali menulis di Blog tahun 2008, tujuan ku hanya satu, ingin berbagi ketakutan ku saat itu, ketakutan atas epidemi HIV, melihat begitu banyak orang-orang, teman, bahkan saudara yang terinfeksi, membutuhkan informasi bagaimana hidup sehat walau terinfeksi HIV, semangat pencegahan agar jangan ada lagi orang terinfeksi HIV. Jujur, tulisan ku belum banyak membantu, buktinya epidemi HIV semakin meningkat di Indonesia, dan semangat saya menulis terhenti maret 2014. Ironis
Belajar juga dari melihat jumlah kunjungan blog ku, yang sempat mencapai kunjungan terbanyak 1200 orang perhari, dan kemudian menurun karena tidak produktif, hanya 100 an orang per hari. Walaupun begitu masih banyak orang yang menhubungi ku berdasarkan informasi di Blog, mulai dari mahasiswa, pasien HIV, TB maupun masyarakat lainnya. Berdasarkan pengalaman itu, tahun lalu saya memberanikan diri untuk mengajukan kegiatan pelibatan Blogger, saat dapat promosi dari kantor sebagai Technical Officer ACSM. Kompetisi Blogger ternyata banyak menghasilkan tulisan yang menarik, tiap serial dua minggu-an ada 100 an tulisan berkompetisi, kegiatan berlangsung selama 8 serial dan hasilnya adalah makin banyak informasi tentang TB di Internet, mulai informasi tentang Stigma dan diskriminasi tentang TB, sampai informasi tentang TB HIV.
Tahun ini dalam rangka perayaan TB Day, saya kembali mengusulkan untuk melibatkan kembali Blogger, setelah diskusi panjang, akhirnya jadilah rencana Workshop Blogger. Pertemuan team Subdit ( Devi, Nurul, Dangan dan Silvi), WHO (Dita) bersama saya dengan Pak Andjari dari Puskomplik semakin mambuka mata ku. Puskomplik sejak tahun 2014 telah juga melibatkan Blogger sebagai desiminator informasi tentang JKN. Jadilah gayung bersambut, sehingga munculah hastag #sahabatJKN #lawan TB. Blogger adalah desiminator informasi yang mumpuni, belajar dari keberhasilan Puskomlik dalam mensosialisasikan program JKN ke masyarakat. Pertemuan saya dengan beberapa pemilik blog dibawah ini membuatku ingin kembali belajar menulis. Luar biasa, ada semangat baru dalam diri ketika  berinteraksi; Mba Fadlun yang sering dipangil bapak fadlun, ayu yang begitu kuat dan tegar, abang tigor yang kocak, mas uwan yang baca puisinya nyampe ke hati, atau mas aris yang suka jalan di saat subuh, semuanya keren.  Saya melihat semangat yang kuat dalam membentuk ikatan, kegembiraan, kebersamaan,  kepedulian terhadap sesama. Semangat itu telah mendorong ku kini untuk menulis kembali. Sebagai penghargaan terhadap para Blogger, saya coba cantumkan alamat blog-blog mereka di tulisan ini.

8950_10152856637527909_8729549213163769251_n

http://www.elisakoraag.com
http://www.kompasiana.com/dhevianggarakasih
http://www.ivegotago.com
http://www.errornita.blogspot.com
http://www.andiniharsono.blogspot.com
http://www.defiranc.com
www,juleshwa.blogspot.com
http://www.hananoyuri.com
http://www.ibufadlun.com
nannisa7.blogspot.com
http://www.NurulMusyafirah.com
http://www.uwanurwan.blogspot.com
http://www.induny4w4w4. blogdetik.com
http://www.kompasiana.com/novita_maria
http://www.nunung-suryani.blogspot.com
http://www.wayakomala.web.id
http://www.duniaspasi.blogspot.com
http://ariss.id

http://www.catatan-efi.com
http://nuzululku.wordpress.com/
http://alaikaabdullah.com
http://www.nchiehanie.com/
http://www.anakkrim.info
http://www.kompasiana.com/tigoragustinussimanjuntak
http://bangaswi.wordpress.com
http://www.novawijaya.com
http://keluargafauzi.blogspot.com
http://www.dobelden.com
http://www.sumartisaelan.com & kompasiana/sumarti_saelan
http://www.fitrian.net
http://novariany.com
http://www.sukamakancokelat.com
http://www.orin.supriatna.web.id
http://www.nunikutami.com
http://halamancermin.blogspot.con
http://www.msmahadewi.com
http://www.punyapista.com
http://www.ajenangelina.con
http://www.catatanoshin.blogspot.com

Terimakasih, telah berbagi teman-teman #sahabatJKN #Lawan TB..

Pondok Gede, 7 maret 2014, malam hujan sepulang kantor.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s