IMG_20121030_144536-1

Admin

n1623686584_195294_69903TELUK PAINAN; Pesonanya, membuatku selalu ingin pulang kampung

Ini cerita tentang ku si empunya blog ini

Namaku herman varella, aku biasa di panggil herman oleh keluargaku. Karena pernah ada dua nama di geng ku  herman, akhirnya aku di panggil arel atau varel oleh teman-teman untuk membedakan kami.

Aku besar di sebuah desa yang sangat indah menurutku, di tepian barat sumatera. Desaku di pagar perbukitan di pinggir pantai samudera hindia. Paduan yang sangat cantik. Aku mengangumi desaku sejak aku masih kecil. kecantikannya menjadi pembanding kelak setiap aku berkunjung ke daerah lain.

Aku berasal dari keluarga pedagang di desa, Bapakku seorang pedagang kecil, yang kemudian membawaku pada beberapa prinsip hidup yang sangat berguna, seperti kejujuran, keberanian mengambil resiko serta kemandirian.

Aku memilih untuk melanjutkan hidup di Kota besar dengan idealisme orang daerah yang ingin sukses di Perantauan.

Banyak hal yang terjadi dalam pengambaraan ku, Aku menyukai melihat daerah-daerah terpencil. Hobby ku telah membawaku berpetualang satu, dua pulau di Nusantara. Hobby lainku adalah Dansa. Dansa telah mendarah daging dalam hidupku. hampir 17 tahun aku mengeluti dansa. Mulai dari pedansa di Padang International dancer, sampai saat ini aku tergabung dan aktif dalam Linny dan Robby Studio, sebuah studio dansa di Selatan Jakarta.

Aku dan Masyarakat

Aku adalah sosok yang tidak terlalu bergaul dalam masyarakat tetapi sangat peduli pada masyarakatku. Aku menyukai kegiatan sosial yang bisa membantu masyarakat dalam beberapa kegiatan. Seperti pengumpulan sumbangan untuk banjir, tsunami, dan beberapa masalah sosial lainnya. aku  terlibat usaha penangulangan Infeksi menular seksual dan HIV/AIDS di kelompok komunitas berisiko tinggi sebagai Manajer kasus. Memberikan dukungan psikososial bagi Pasien TB MDR, dan mengorganisir teman-teman untuk membantu Gay, biskesual dan Transgender ( Waria ) lewat Positive Rainbow

Aku sedang belajar dan selalu punya keinginan untuk belajar dari siapa saja dan dimana saja. usaha untuk menulis di Blog ini merupakan keinginanku dalam rangka belajar untuk menulis dan berdiskusi dengan orang lain dalam banyak hal. Aku sangat senang jika ada yang datang dan berdiskusi serta memberikan masukan untuk blog ini.

Untuk semua pengunjung blog, terima kasih telah meluangkan waktu untuk mampir

KAMPUNGKU, SUNGAI YANG MENGALIR DI DEPAN RUMAH

KAMPUNGKU, SUNGAI YANG MENGALIR DI DEPAN RUMAH

28 comments on “Admin

  1. Halo mas Herman salam kenal yahhh, terima kasih sudah mampir ke blog saya yang masih sangat jauh dari kesan bagus, terima kasih sudah mau berdiskusi mas, saya kagum kan pilihan keterbukaan mas, tidak semua orang mampu melakukannya dan perlu keberanian untuk melakukannya, saya yakin dengan keterbukaan orang disekitar justeru akan lebih berempati bukan simpati. Saya kagum akan sosok mas Herman,
    trimakasih sudah mau berdiskusi,dan membuat kawan-kawan bisa lebih berempati dan memahami kawan-kawan yang memilih menjadi LGBT

    trimaksih:)

  2. nyangkut di blog nya mas herman… =)
    sebenernya sih aku lagi ada penelitian tentang dampak gangguan sosial ekonomi terhadap rumahtangga dimana salah satu art nya adalah ODHA. sampai kemarin aku masih kesulitan mencari responden yang merupakan kaum gay… sebenernya ngga ada keharusan untuk mendapatkan responden secara lengkap dengan berbagai latar belakang perilaku beresiko, cuma lebih ke pengayaan materi aja kali ya buatku…
    iseng2 aku searching di google, ada ngga sih yang mampu mengatakan “aku hiv+”, dengan keyword itu aku jadi nyasar kesini, =)
    banyak baca, nyuri ilmu, dll… thanks mas herman…

  3. begitu bagah, bisa membaca profil seorg’
    Aktifis seperty k herman , yg membelah kaum gay maupun lesbian,:)
    Terima kasih , atas kisah yg mau k herman
    Bagikan kpd sy.

    • sama-sama Goli, makasih telah meluangkan waktu untuk datang ke blog ku, kalo mau kamu bisa terlibat dalam membantu orang-orang yang terpinggirkan ( baik oleh kemiskinan, gender, orientasi seksual, penyakit dan lain sebagai nya? di sekitar mu…

  4. Hai…salam Kenal
    Saya baru saja mencari informasi dan entah kenapa tiba- tiba masuk ke blog saudara. Rasa penasaran timbul dan membaca berbagai artikel anda. Secara keseluruhan saya salut dan senang setidaknya wawasan saya bertambah.
    Tetap semangat dan lebih banyak berkarya lagi

    • Makasih Alisda
      senang melihat mu berkunjung . Insyah Allah kunjungan mu membuat ku semakin rajin lagi menulis.
      terimakasih Alisda

  5. dear pak herman,
    saya nanda mahasiswa UI yang sedang mengerjakan skripsi tentang IMS pada gay. jika tidak berkeberatan, bolehkan saya berdiskusi untuk memperkaya karya ilmiah saya?terimakasih
    YM saya:nanda_aula

  6. HermanVarella…
    Blog nya sangat bagus..
    awalnya aku sedang mencari info tentng HIV/AIDS dan nyangkut disini…
    terima kasih banyakkk
    aku mendapat info yang luar biasa..
    terus berkarya..

  7. Onde …. uda Herman poto 2 di kampuang rancak 2 sadonyo ampia manitiak aia mato dek manahan rindu di pantai bungus …. tarimo kasih uda jo caritonyo ambo angkek 2 tangan jo 10 jari 11 jo kapalo salut jo uda Herman ko …
    sampai siko dulu da bisuak wak carito lai

    salam

  8. Selamat pagii varel

    Saya danny,saya sgt drop skali bahwa sy di katakan oleh dokter positif HIV.ceritanya…mmg sudah lama saya kena TB wkt djgj dan dokter mengatakan bahwa sy utk cek HIV tp sy menolak,dan setelah sy sembuh dr TB berat badan saya normal kembali tp begitu sy kerja di tasik dan bandung lalu sy mengundurkan diri krn jauh dg istri sy kembali seatap dg istri djkt.sy sering sakit2an dan pd akhirnya sy opnam di RS krn sy kena tipus n dokter tsbt curiga bhw sy terinfeksi HIV dan dia menyarankan sy tes HIV tp skali lg sy menolak,begitu sy kontrol kedokter tsbt,dktr tsbt menyatakan sy positif HIV….sy sedih dan sgt terpukul sekali,sy blm cerita ke istri saya…dan saya jg pagii ini coba ​☎ ke rainbow tp tdk ada yg angkat ​☎. Apa yg hrs sy lakukan skg,sy sgt mcintai istri sy,sy ga sanggup utk crt ke istri saya…apakah hidup saya sebentar lagi????

    • Pagi Mas Danny,

      Akhir nya Nyambung kan? hehhe, iya mas karena semua staff di Positive Rainbow bekerja sebagai Relawan Pelayanan kami lakukan di Sore setelah jam kerja atau weekend . Dan Makasih telah Telpon, seperti yang kita sepakati tadi nanti Sore Jam 5, Kita bisa diskusikan lebih lanjut tentang masalah mas Danny di Positive Rainbow Basecamp yah. infeksi HIV tidak selalu berarti kematian tergantung seberapa parah infeksi yang menyertai menurunnya kekebalan Tubuh ( sel CD 4), asal ada penangganan yang komprehensif harapan hidup orang HIV positif bisa sama dengan yang lainnya. Untuk masalah terbuka sama Istri, itu bisa kita rencanakan bersama nanti, sehingga dapat mengurangi kekagetan dan akibat lainnya yang merusak hubungan kalian berdua. kami tunggu jam 5 yah, sampai ketemu nanti.

      salam
      Varel

  9. Pagi mas varel,
    Saya alin, saya ingin lebih mengenal tentang positive rainbow lebih jauh. Apakah di tempat yang mas kelola ini menerima orang-orang yang baru saja teridap HIV positif? Bolehkah saya menelepon untuk sharing?Rasa takut dan hancur benar-benar tak terelakkan, takut akan keadaan sekitar lingkungan yang menolak dan hancur karena mungkin tidak adil jika saya harus menanggungnya juga. Apa yg hrs saya lakukan ke dpnnya, krn saya buta ttg pengobatan HIV ini? Serasa tidak ada lagi harapan saya utk berjuang hidup…

    • Dear Allin,
      terimakasih telah berkunjung, silahkan berdiskusi atau datang ke basecamp kami di Jl. teratai VI blok D5 no 20 atau telepon 021 94461642, Kompl Duta Indah, Jati Makmur Pondok Gede. jika ada hasil tes HIV dan penunjang lainnya silahkan bawa yah..
      salam
      Varel

  10. asslm….
    blognya sangat bagus mas….
    tak banyak orang yang mempunyai pola pikir dan bisa bersikap sepert mas….menolong yang miskin..Memberikan dukungan bagi Pasien TB MDR,. membantu Gay, biskesual dan Transgender ( Waria ) lewat Positive Rainbow..
    blog ini banyak sekali memberi saya pembelajaran….salut buat mas herman…
    Jangan pernah letih untuk terus berkarya…..dan 1 lg desanya emang indah kok mas..pantas aja dirindukan…itulah Indonesia dengan panoramanya yg menakjubkan hhehe…

    • Dear Kimgegong,
      Saya sangat bangga bisa dikunjungi dan disapa oleh warga Kimgegong, semangat teman-teman untuk aktif berkomunikasi dan mencari informasi di Internet semoga dapat menginspirasi banyak komunitas atau masyarakat lainnya. Semangat terus, http://kimngegong13.blogspot.com, keren banget….maju terus sahabat…

  11. Salam kenal Mas Herman, blognya sangat bagus. Saya sendiri jg seorang HIV positif. Disini saya ingin share sedikit pengalaman saya. Pertama kali dengar dari dokter kalau suami yg selama 2thn ini bersamaku ternyata terkena HIV, serasa dunia ini kiamat. Rasanya saya ingin sekali mengakhiri hidupku dengan loncat dari jendela kamar di rumah sakit lantai 4 itu. Saat itu suamiku masih di rawat karena dia sudah stadium 4. Dokter sudah tidak mampu lagi untuk mengobatinya karena CD4 nya sudah nol. Tak lama setelah di rawat, suamiku meninggal. Setelah kepergian almarhum, saya masih tetap harus jalani hidupku bersama dengan putriku satu2nya. Saya hidup bersama mertua di dalam satu atap rumah. Mertua saya takut bangat dengan penyakit ini. Walaupun kita serumah, tapi semua peralatan makan dan semua keperluanku di pisahkan. Alasannya ” lebih baik mencegah daripada mengobati ” itulah yg dia katakan. Padahal dia tau kalau penyakit ini dibawa dari anaknya dan sayalah yg menjadi korbannya tapi kenapa dia perlakukan saya seperti ini. Saat itu hari-hari yg kujalani seperti di neraka. Tak ada hari tanpa air mata di pipiku. Setiap malam saya hanya bisa menangis diam-diam di dalam kamar tak mau seorang pun tau keadaan yg kuhadapi. Setiap hari kulalui dengan rasa nyesal karena sudah masuk kedunia ini. Setelah 7thn kematian Alm, saya mulai terbiasa dengan perlakuan mertuaku dan itu kuanggap sebagai sebuah ujian dari Tuhan untuk melatih kesabaranku.
    Makasih Mas Herman sudah mau mendengar uneg-uneg yg selama ini menjadi beban didalam hati ini. sekarang hatiku sudah tenang. Saya senang bangat pas ketemu blog ini karena selama ini saya tidak tau mau curhat kemana.
    Saran saya kepada teman-teman yg terkena HIV positif, kalian jangan merasa minder atas pelakuan orang-orang disekitarmu, bangkitlah dan anggaplah ini sebuah ujian dari Tuhan. Lagian hari-hari yg mau dilalui masih sangat panjang. Mendapatkan penyakit ini bukanlah akhir dari hidup, tapi awal dari keberanian kita menghadapi dunia yg kejam ini. Saya sendiri tak pernah menyangka kalau saya masih bisa bertahan selama 8thn dengan penyakit ini. Dan dalam 8thn ini saya banyak belajar dari masalah yg kuhadapi.
    Ayo teman-teman bangkitlah dan hadapi….
    Ingat!!! Jauhin penyakitnya bukan orangnya….
    Terima kasih Mas Herman..

    • Dear Mba Murni
      Terimakasih Mba Murni sudah sharing pengalaman mba yang sangat berharga, semoga kami semua bisa belajar dari pengalaman yang mba Bagikan..
      Salam

      Arel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s